STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF PANDAWARA GROUP DALAM MEMBANGUN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA MASYARAKAT MELALUI APLIKASI INSTAGRAM @PANDAWARAGROUP

Putut Ainur Rochman, Mung Pujanarko

Abstract


Tujuan Penelitian untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif konten dan video reels PandawaraGroup dalam membangun sikap peduli lingkungan pada masyarakat melalui Instagram @pandawaragroup. Teori yang digunakan adalah teori inokulasi salah satu pendekatan dalam persuasi yang bertujuan agar orang-orang resisten terhadap argumen persuasif dilakukan oleh orang lain. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, suatu penelitian kualitatif yang berusaha menemukan makna,menyelidiki proses dan memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam dari individu atau kelompok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil Penelitian dalam penelitian ini terdapat 7 tayangan video instagram pandawaragroup yang terdapat makna pesan-pesan persuasive, dan juga mengajak masyarakat khusus nya juga pengikut setia instagram pandawaragroup untuk menjaga lingkungan sekitar. Kesimpulan ditemukan beberapa makna pesan persuasive pada tayangan maupun caption video reels instagram pandawaragroup untuk mengajak masyarakat peduli lingkungan.

 

Keywords: Persuasive Communication, Instagram Reels, Environmental Care


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31479/jcn.v9i2.117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Citra