STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS PT PANASONIC GOBEL INDONESIA DALAM MEMPROMOSIKAN TEKNOLOGI BARU NANOE-X

Muhammad Fikriansyah, Mung Pujanarko

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui Strategi Komunikasi Public Relations PT. Panasonic Gobel Indonesia Dalam Mempromosikan Teknologi Baru NANOE-X Teori Uses and Gratification yang digunakan dalam penelitian ini dimana sosial media menjadi penunjang untuk mendukung Strategi Komunikasi dan kemudian menggunakan model empat langkah yaitu, Fact Finding, Planning, Communication and Evaluation program-program yang mendorong minat pembeli serta kepuasan konsumen. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil wawancara, observasi dan studi pustaka. Unit analisis adalah Strategi Komunikasi Public Relations PT. Panasonic Gobel Indonesia Dalam Mempromosikan Teknologi Baru NANOE-X. Adapun Key Informan pada penelitian ini adalah Corporate planning & corporate communications, dan Informannya adalah 2 orang staff Corporate planning & staff corporate communications .

Hasil penelitiaan ini adalah untuk meningkatkan citra dan penjualan suatu produk  yang memiliki teknologi baru diperlukan suatu strategi agar meningkatkan citra dan penjualan itu sendiri, ditengah persaingan dalam dunia elektronik, diperlukan langkah-langkah agar produk yang baru dilaunching bisa dikenal oleh publik. Dalam penelitian ini menggunakan model 4 langkah, yaitu 1. Fact Finding Komunikasi Public Relations Panasonic mereka melakukan survey market di pasar, dengan cara menanyakan secara langsung ke calon pembeli, spesifikasi apa yang mereka cari, lalu budget yang biasa mereka punya, kebutuhan tambahan untuk produk itu sendiri, 2. Planning Pembahasan penelitian ini dalam Planning adalah Perusahaan mengumpulkan data-data yang diperlukan dan segera meeting dengan atasan dan juga bagian produk. Supaya data-data ini bisa dipakai sebagai masukan ke produk yang nantinya akan di promosikan, supaya ketika produk sudah ada sudah langsung bisa di terima oleh public dan sesuai dengan kebutuhan daripada user, 3. Communicating menggunakan cara penyebaran lewat social media Panasonic sendiri, karena sebelum produk keluar, Komunikasi Public Relations membuat content yang menarik calon pembeli dengan menginformasikan produk yang nantinya akan dilaunching dan dipromosikan oleh brand Panasonic.

Kata Kunci : Public Relations, Strategi Komunikasi, NanoeX

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31479/jcn.v10i2.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Citra