FRAMING PEMBERITAAN PASANGAN CAPRES-CAWAPRES JOKOWI-MA’RUF AMIN DAN PRABOWO SUBIANTO-SANDIAGO UNO DI HARIAN KOMPAS PADA MASA KAMPANYE PEMILIHAN PRESIDEN 2019

Nenden Retno Victor Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini berfokus pada framing pemberitaan kampanye capres dan cawapres pasangan Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin dan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiago Uno selama Pemilihan Presiden 2019 pada suratkabar Kompas. Peneliti tertarik untuk meneliti karena adanya ideologi serta visi dan misi yang dimiliki Kompas sehingga diasumsikan berbeda dalam menyajikan pemberitaan dari masing-masing pasangan capres dan cawapres. Penelitian ini menggunakan metode framing Pan & Kosicki. Penelitian ini menggunakan teori ekonomi politik media, prinsip jurnalisme, dan framing media Hasil penelitian menunjukkan Kompas sebagai suratkabar yang didirikan oleh kelompok agama (Katolik) dan memiliki misi dan visi sebagai suratkabar nasionalis telah memframing Jokowi sebagai pemimpin (capres) yang bisa melanjutkan kepemimpinannya untuk periode kedua.

 

Kata Kunci: Framing, Kampanye, Media Cetak, Pemilu, Pilpres 2019


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31479/jcn.v6i1.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Citra