KOMUNIKASI INTERNASIONAL INDONESIA SEBAGAI PRESIDENSI G-20 INDONESIA 2022 DITINJAU DARI PERSPEKTIF DIPLOMATIK

Sinta Julina

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang penelitian adalah walaupun dunia dan Indonesia mengalami dampak dan tantangan dari pandemic Covid 19, Indonesia merasa optimis untuk mengemban  Presidensi G20 Indonesia 2022.   Untuk melaksanakan  Presidensi, Indonesia melakukan komunikasi internasional untuk meningkatkan kapasitas agar lebih  memberikan legitimasi yang kuat terhadap manfaat G-20, Oleh karena itu , penulis tertarik untuk meneilti  Komunikasi Internasional Sebagai Presidensi G20 Indonesia 2022 ditinjau dari Perspektif Diplomatik

Tujuan penelitian ini  adalah untuk meneliti apa sajakah  komunikasi internasional  Indonesia sebagai Presidensi G20 Indonesia 2022 ditinjau dari Perspektif Diplomatik .

Untuk menganalisis dan menjawab rumusan  permasalahan penulis menggunakan Perspektif Diplomatik dan Multi Track Diplomacy   

 Dalam menerapkan hasil penelitian, penulis menggunakan jenis penelitian  deskriptif. .Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode berbasis dokumen ( document -based research ) atau metode berbasis internet ( internet-based research ) . Metode Analisis Data Penelitian ini menggunakan metode analisis data secara kualitatif.

Hasil Penelitian ini  adalah  komunikasi internasional yang dilakukan oleh Indonesai sebagai Presidensi G20 Indonesia 2022 ditinjau dari Perspektif Diplomatik yaitu Multi Track Diplomacy melalui pertemuan level Kepala Negara/pemerintahan dalam KTT, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Keuangan , Gubernur Bank Sentral serta Deputi Keuangan  , Kelompok Kerja ( Sherpa Track dan Financial  Track ) dan melalui 8 Engagement Group.

Kata Kunci : Komunikasi Internasional, Presidensi, G20, Perspektif Diplomatik , Multi Track Diplomacy

 

 

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Citra