OPINI TENAGA KEPENDIDIKAN (TENDIK) UNIVERSITAS JAYABAYA TENTANG IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR - KAMPUS MERDEKA (MBKM)

Dewi Setyarini

Abstract


ABSTRAK

Penelitian survey opini tendik Universitas Jayabaya tentang Implementasi Program MBKM ini dilatarbelakangi oleh kebijakan Kemendikbudristek, yang bertujuan mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Melalui program ini mahasiswa dapat melakukan kegiatan kampus mengajar, magang, Riset /penelitian, pertukaran mahasiswa dll. Aturan mengenai program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Metode penelitiannya survey dan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuestioner dan FGD. Responden penelitian adalah tenaga kependidikan (tendik) Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, serta Fakultas Psikologi. Ada 17 item yang ditanyakan kepada tenaga kependidikan. Data yang diperoleh melalui penyebaran angket dianalisis dengan menggunakan uji statistic.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar tenaga kependidikan (tendik) belum tahu secara detail tentang Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM). Pengetahuan tentang MBKM diperoleh dari media sosial LLDikti Wilayah 3, Pimpinan Fakultas/Prodi, dan mahasiswa yang datang ke tendik untuk dibuatkan surat ijin mengikuti program MBKM. Tendik tidak terlibat dalam sosialisasi program MBKM kepada mahasiswa, hal ini disebabkan karena Universitas belum mengimplementasikan program MBKM. Program MBKM di Universitas Jayabaya masih dalam tahap persiapan. Hal ini yang menyebabkan tendik tidak mengetahui tentang program MBKM secara mendalam.

Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa opini tendik tentang Program MBKM adalah tendik tidak mengetahui secara mendalam, mengetahui melalui media massa dan dari pimpinan fakultas / prodi. Tendik tidak terlibat dalam kegiatan sosialisasi program MBKM pada mahasiswa, serta tidak mengetahui manfaat, tujuan, sasaran dari program MBKM, dengan demikian tidak mengetahui kendala / hambatan program MBKM. Sedangkan untuk tindak lanjut dari Program MBKM, tendik berharap bahwa program ini dapat segera direalisasikan. Program MBKM perlu segera disosialisasikan kepada mahasiswa. Diharapkan dengan program ini mahasiswa memiliki pengalaman kerja, menambah wawasan, kreatif dan inovatif.

Dari hasil penelitian ini , peneliti merekomendasikan beberapa hal, yaitu segera merealisasikan implementasi Program MBKM, menyiapkan tenaga kependidikan yang handal, sehingga benar-benar memahami Program MBKM, dan memanfaatkan media sosial untuk mensosialisasikan Program MBKM.

Kata kunci : Opini, Tendik, Implementasi, Program MBKM

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Citra