PENGENALAN KONSEP THRIFTING MELALUI PESAN MEDIA PADA AKUN TIKTOK @ldrsecond.brand

Ade Leasfita, Adevy Vanie, Alifia Cahayaqumairi

Abstract


Pesan adalah segala sesuatu yang disampaikan komunikator kepada penerima pesan dengan cara lisan atau langsung ataupun juga melalui media. Contohnya pada pesan media tiktok, merupakan salah satu media massa yang paling banyak digunakan oleh pengusaha dalam penyebaran informasi tentang pengenalan konsep thrifting. Di dalam penelitian ini, telah diungkapkan secara jelas tentang pesan media tiktok dalam pengenalan konsep thrifting @Ldrsecond.brand. @Ldrsecond.brand adalah salah satu toko thrift yang menjual berbagai macam jenis sepatu second branded di Padang Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif metode deskriptif. Kemudian data penelitian ini dikumpulkan oleh peneliti melalui hasil wawancara online dengan key informan dan tiga informan pendukung lainnya serta peneliti melakukan observasi pada akun tiktok @Ldrsecond.brand. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi massa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesan media tiktok saat ini memiliki peranan penting dalam suatu penyebaran informasi yang menggunakan media massa sebagai alat komunikasi. Hal ini dikarenakan media tiktok telah tercatat sebagai media yang paling banyak di unduh dan aplikasi yang paling banyak digunakan sebagai penyebaran informasi dan juga telah memberikan banyak kemudahan bagi pengguna dalam mencari suatu informasi serta memberikan kemudahan bagi pengusaha dalam menyebarkan informasi, khususnya dalam pengenalan konsep thrifting.

Kata kunci : Komunikasi Massa, Tiktok, informatif, konsep thrifting.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31479/jcn.v9i1.95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Citra