FRAMING PEMBERITAAN DUA MEDIA ONLINE NASIONAL TERKAIT KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) TAHUN 2022

Adevy Vanie, Ade Leasfita, Agata Yubelia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memahami pembingkaian berita kenaikan harga BBM pada media online Kompas.com dan Pikiran-Rakyat.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis framing milik Zhongdang Pan & Gerald M. Kosicki.  Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam hal pembingkaian berita yang dilakukan oleh Kompas.com dan Pikiran-Rakyat.com. Kompas.com mendominasi berita pada portal beritanya mengenai kenaikan harga BBM dan pernyataan dukungan oleh pihak pemerintah tanpa adanya pemberitaan mengenai kekecewaan atau protes masyarakat mengenai hal tersebut, sedangkan Pikiran-Rakyat.com tidak memihak sisi manapun dan memiliki perbandingan berita yang lebih proporsional dan seimbang karena turut memberitakan ketidaksetujuan masyarakat akan hal tersebut.

Kata kunci: pembingkaian berita, Kenaikan Harga BBM


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31479/jcn.v9i1.96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Citra